Phobia Kehamilan Pertama

Category:

Takut hamil? Wajar dialami wanita yang baru menikah. Tapi menjadi tak wajar apabila kodrat itu justru dijadokan alasan untuk menolak kehamilan. Harus diakui, wanita masa kini yang akan hamil lebih beruntung karena mendapatkan informasi secara luas dan lengkap, baik lewat media massa maupun dokter ahli kandungan. Akan tetapi, mengapa phobia kehamilan pertama masih saja sukar sirna? Bagaimana mengatasi?



OBAT LANGSING WAKTU GADIS
Memasuki dunia perkawinan memang banyak yang harus berubah. Bukan saja pola makan, pola hidup, juga peranan dan upaya beradaptasi manakala badan mulai mendua. Misal, ketika gadis suka mengkonsumsi obat pelangsing untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal nan semampai, maka tak diperlukan saat anda dinyatakan positif hamil.
Obat langsing yang berlebihan, bukan saja kurang baik terhadap kehamilan, tapi kesehatan pun akan mendapatkan dampaknya. Yakni, lever akan bekerja keras menetralisir zat-zat yang tak diperlukan oleh tubuh. Kondisi ini sebaiknya segera diatasi jauh-jauh hari sebelum anda merencanakan kehamilan anak pertama.
Masalah langsing memang harus dikesampingkan dulu. terutama memasuki masa kehamilan. Karena dengan kondisi hamil, berat badan otomatis harus bertambah hingga setidaknya 12 kg.

HAMIL TAK SELALU NGIDAM
Secara alamiah badan kan menyesuaikan diri, misal dengan meningkatnya hormon kehamilan. Pada setiap wanita akan mengalami berbagai pengalaman kehamilan trimester pertama. Yakni ada yang mengidam dimulai dari yang paling ringan, sedang, berat dan bahkan sampai harus dirawat. Namun yang menguntungkan justru apabila seseorang bisa melewati masa-masa itu tanpa kendala apa pun.
Semua makanan yang harus dikonsumsi bisa disantap habis, tak pernah menolak makanan apa pun seperti sedang tidak hamil.
Secara medis, istilah ngidam biasa juga disebut gestosis/toxemia, yang artinya suatu keadaan kurang  menguntungkan sebagai dampak kehamilan. Keadaan ngidam yang dialami semasa kehamilan paling ringan disebut morning sickness, yakni keadaan buruk di saat pagi hari, tepatnya ketika baru bangun tidur. Gejalanya, si calon ibu merasa 'mual' dipagi hari, bahkan menolak jenis makanan tertentu. Misal, makanan yang beraroma kuat dan tajam, terlalu berlemak, kadang ditolak.
Kondisi seperti itu, bisa diatasi dengan cara mengatur makan - minum serta mengkonsumsi obat anti mual yang diberikan dokter. Yang lebih berbahaya jika selalu muntah dan sedikit pun makanan tak sempat singgah. Keadaan ini harus diwaspadai, karena sama sekali tak ada makanan bagi si ibu dan bayi. Tak ada gizi yang masuk sama sekali, sehingga tak ada jalan lain, harus segera mengirim pasien ke rumah sakit untuk diberikan 'infus'. Kenyataan ini memang tak bisa dihindari, karena bisa saja terjadi dan dinamakan himotemesis gravidarum. Ini bisa juga disebut penyakit akibat kehamilan. Karena memasuki kehamilanjumlah hormon kehamilan meningkat.
Peningkatan hormon yang wajar tak mengganggu kondisi si ibu. Tapi jika peningkatannya  begitu besar, pasti akan terganggu. Peningkatan hormon yang terlalu tinggi disebut hyper emesis, yang dalam istilah awal sering disebut 'ngidam berat'. hormon kehamilan yang meningkat itu tak lain berupa hormon choriogona dotrhopin. Lantas bagaimana agar proses kehamilan anda mengalami proses yang mulus? memang sulit dielakan secara mutlak, tapi setidaknya bisa diantisipasi sejak dini. tepatnya sejak pernikahaan, dimana aktifitas kebersamaan mulai terjadi.

PERIKSA DARAH LENGKAP
Untuk mempersiapkan kehamilan setiap pasangan menginginkan kualitas kehamilan itu sendiri berlangsung baik, yang nantinya juga mendapatkan keturunan yang baik. Ini tentu tak bisa didapatkan tanpa usaha. Misal, memeriksakan diri secara lengkap, baik oleh ayah dan terutamasi ibu yang bakal mengandung dan malahirkan.
Pasangan yang baru menikah mungkin punya latar belakang riwayat kesehatan yang berbeda-beda. sudah selayaknya untuk memulai kehidupan baru dengan kondisi prima, terutama memasuki masa kehamilan. Periksa darah lengkap sangat dianjurkan. karena dalam pemeriksaan itu akan diketahui bagaimana kadar gula darahnya, urine, kolestrol, termasuk tensi darah, dan sebagainya. Wanita dengan latar belakang penyakit kencing manis semasa gadis, harus diwaspadai, dan sewajarnya mau diperiksa secara lengkap. Ini penting, sebab wanita dengan riwayat kencing manis cenderung mengalami kendala dalam kehamilan.
Indikasi yang paling kelihatan, yakni kalau kehamilan terlalu 'cepat besar', kenaikannya sebulan 2 kg. misalnya angan bangga dulu kalau begitu hamil mulai naiknya drastis. Yang benar, justru waspada dan harus curiga, siapa tahu mengidap kencing manis yang serius.
Dengan pemeriksaan darah lengkap, maka keadaan si ibu secara umum akan terlihat. Antara lain, bagaimana kadar HB-nya, darah merah dan darah putih. Apakah darah merah mencapai HB 12gr dan darah putih  8000/cm, yang disebut lecosit. Tapi ternyata ini belum lengkap.

PEMERIKSAAN TORCH
Apabila dicurigai  ada beberapa latar belakang kesehatan orang tua, baik dari pihak ayah maupun si ibu, maka ada pemeriksaan torch. Pemeriksaan ini penting untuk mengetahui apakah ada kendala lain didalam tubuh si calon ibu, sehingga ketika hamil benar-benar bersih dari kemungkinan terjangkit suatu penyakit yang bakal diderita si jabang bayi
Pemeriksaan itu antara lain, toxoplasma, rubella, cito medalo virus (CMV), dan hepatitis. Pemeriksaan ini mutlak diperlukan bagi yang merasa perlu dan mampu. Sebab, kalau sampai terlanjur hamil dan baru diketahui mengidap salah satu diantaranya, akan sulit di atasi. Misal, anak lahir dengan kondisi tidak sehat bahkan cacat.

GANGGUAN MENSTRUASI
Semasa gadis adakalanya seseaorang mengalami gangguan menstruasi. Apalgi diketahui mengalami endometriosis,  dan ketika gadis seudah diangakat sebelah. Ini tak perlu dikhawatirkan. Anda harus yakin  tetap bisa hamil dan melahirkan., karena masih ada yang sebelahnya lagi.
Jika anda terbiasa mengkonsumsi obat nyeri haid selama gadis, tetap tak berpengaruh selam anda benar-benar berhenti memakainya begitu dinyatakan positif hamil. Anda tak akan merasa ketergantungan, tapi kondisi seperti ini jangan diatasi sendiri, cobalah konsultasi  ke dokter ahli kandungan. Karena dengan pemeriksaan cermat, akan terlihat apakah anda terkena infeksi atau memang mengalami endometriosis.

EMPAT BULAN PLACENTA TERBENTUK
Usia kehamilan dini kerap banyak dikeluhkan ibu muda. Padahal masa itu kondisi kandungan masih sangat kecil dan rapuh. Tepatnya, secara normal dan dalam kondisi tidak hamil rahim hanya 8 x 3 cm saja, dan mulai membesar seiring dengan tambahnya usia kehamilan. secara alami, placenta baru  terbentuk  manakala usia kehamilan 4 bulan. Dan pada saat itulah kondisinya mulai kuat.
Mengingat betapa  cepatnya perkembangan kehamilan, maka proses mendapatkan makanan harus dipikirkan. Pola makan yang baik, seimbang, bervariasi dan cukup gizi perlu diperhatikan. Maka upayakan memahami betul ebutuhan apa saja yang seharusnya  dipersiapkan bagi ibu hamil.

RESIKO KEHAMILAN
Kehamilan punya resiko tinggi jika kehamilan anak pertama di usia paruh baya (diatas 35). Disamping memiliki riwayat kesehatan buruk yang belum tuntas diobati. Hal lainnya, pernah mengalami tindakan kandungan ginekologi, misalnya pernah kuretasi, dan sebagainya. Keadaan ini kurang lebih membawa resiko 10%. Dalam istilah kedokteran, pertimbangan keadaan ini disebut regargitasi.
Terlepas dari itu semua, bagi kaum ibu muda disarankan untuk tetap optimis menyongsong kehamilan anak pertama. Karena, hamil dan melahirkan merupakan peristiwa alami yang sudah selayaknya dihadapi secara alamiah pula. Yang penting, ikuti petunjuk dokter dan melakukan pemeriksaan secara lengkap.

SUKSES HAMIL PERTAMA
Untuk mencapai sukses kehamilan pertama,  cobalah batasi aktifitas mengangkat, bekerja, dan sebagainya. Jangan minum obat-obat sebarangan kecuali vitamin. Jaga kesehatan, jangan sampai terkena infeksi, misalnya flu, bisa menyebabkan infeksi karena virus. Upayakan jangan sampai mengalami bronchitis, apalagi sakit kelamin.
Selain itu, perlu tidur yang cukup, istirahat siang meskipun cuma sebentar. Menjaga pola makan secara seimbang, diukur dengan aktifitas sehari-hari. Jangan lupa cek ke dokter sebelum hamil, karena masih ada kesempatan disembuhkan jika ada kendala yang tak diharapkan. Dan tentunya, jangan jadikan hamil sebagai phobia, karena semuanya bisa dihindari selama anda jauh-jauh hari sudah mempersiapkan kehamilan tersebut.

Comments (0)

Poskan Komentar